Hari Sabtu kemarin saya dan teman saya mengikuti Ubuntu Xenial Release Party di UPN. Acara ini diadakan oleh komunitas Ubuntu Jogja Indonesia dan KSL UPN Veteran Yogyakarta. Acara sendiri berlangsung di ruang seminar gedung Nyi Agung Serang Fakultas Pertanian Kampus I UPN, Condongcatur, jam 08.00.

Poster Ubuntu Xenial release Party
Poster Ubuntu Xenial release Party

Saya sampai sampai di tempat acara jam 8 kurang, ternyata masih sepi, baru ada sekitar 5 peserta dan panitia. Acara sendiri baru mulai sekitar jam 8.45. Yang mengisi materi adalah Mas Dedi Haryadi dan Mbak Dewi Ciptaningrum.

Panggung Acara
Panggung Acara

Mas Dedi Haryadi membawakan materi tentang keamanan di Ubuntu Server. Mas Dedi hanya menyampaikan tips dan trik saja, selebihnya Mas Dedi lebih banyak bercerita tentang masalah keamanan dan digital forensik serta cerita tentang awal terbentuknya komunitas Ubuntu Indonesia. Kebetulan Mas Dedi sedang kuliah S2 di UII, mengambil jurusan Digital Forensik, jadi Mas Dedi banyak tahu mengenai masalah keamanan dan forensik digital.

Sesi selanjutnya adalah materi tentang audit keamanan informasi berbasis cobit oleh Mbak Dewi. Menurut saya,ini materi yang cukup menarik. Mbak Dewi menjelaskan tentang apa itu audit dan hubungannya dengan keamanan sebuah informasi dalam dunia serbag digital seperti sekarang. Mbak Dewi memang tidak memiliki latar belakang tentang teknologi informasi. Kebetulan mbak Dewi mendapatkan kesempatan untuk kuliah S2 dan salah satu peneletiannya adalah tentang audit informasi, jadi Mbak Dewi cukup paham tentang masalah audit keamanan Informasi.

Mungkin itu dulu laporan singkat saya mengenai acara release party Ubuntu kali ini. Semoga kita bisa bertemu lagi di release party berikutnya. Untuk bahan materi yang disampaikan Mas Dedi, bisa dilihat di milisdad.github.io/Presentasi/xrpjogja. Materi dari Mbak Dewi, saya masih belum mendapat informasi dari panitia. Untuk foto selama acara, saya cuma mendapatkan foto bersama sebelum makan siang.

Sesi foto bersama setelah selesai acara
Sesi foto bersama setelah selesai acara