Tanggal 19-20 Maret kemarin saya & teman-teman dari PHP Indonesia Jogloraya mengisi acara lokakarya/workshop di SMK 5 Muhammadyah Mijen,Demak. Pesertanya adalah guru-guru SMK RPL. Acara ini atas undangan dari kepala sekolah SMK 5 Muhammadiyah Mijen, Pak Mualim, salah satu guru disana.

Materi yang kami berikan adalah mengenai cara membuat aplikasi web dengan PHP. Sebetulnya guru-guru disana sudah bisa dan paham akan cara membuat web dengan PHP. Kalau ga bisa ya gimana caranya mau ngajari murid-muridnya :/ Materi yang kami berikan sebetulnya hanya merupakan panduan untuk membuat aplikasi web berbasis PHP. Jadi, kami lebih menekankan bagaimana cara membuat sebuah aplikasi, mulai dari perancangan database dan tampilan (html,css) kemudian implementasinya menggunakan PHP. Selama ini guru hanya sekedar memberikan materi dan tugas saja. Mereka tidak memberikan langkah-langkah bagaimana seharusnya membuat aplikasi web dari awal yaitu perancangan hingga implementasi. Workshop kali ini menjembatani permasalahan tersebut agar para guru selain memberikan materi, juga memberikan langkah-langkah yang baik dan benar serta memberikan pandangan dunia kerja nantinya seperti apa.

Selain guru-guru dari SMK 5 Muhammadiyah Mijen, ada juga guru dari beberapa SMK RPL lain yang ikut acara ini. Ada yan dari Jepara,Pati,Kudus. Mereka juga ingin belajar bagaimana cara membuat web yang baik dan benar. Tentu saja materinya disesuaikan dengan materi di SMK, yaitu hanay sebatas PHP prosedural,belum sampai tingkat lanjut seperti OOP hingga penggunaan framework.

Materi yang kami sampaikan ada tiga yaitu database, html+css+js, dan PHP. Database sangat penting karena awal dari perancangan adalah membuat database yang nanti akan digunakan oleh sistem. Oleh karena itu materi database diberikan pertama kali. Setelah mendapat gambaran mengenai perancangan database, maka selanjutnya adalah perancangan tampilan menggunakan html+css+js. Dari hasil membuat tampilan, bagian terakhir adalah implementasi dengan PHP. Studi kasus untuk workshop atau pelatihan kali ini adalah tentang Sistem Informasi Perpustakaan.

Para peserta pelatihan
Para peserta pelatihan

Hari pertama pelatihan hanya berupa pengantar saja. Hari kedua baru sesi workshop atau pelatihan. Saya kebetulan mengisi materi tentang PHP, duet bersama Yeri. Untuk source code aplikasi bisa diunduh di https://github.com/phpjogloraya/workshop-jepara Untuk modul pelatihan bisa didownload di http://event.phpjogloraya.com/workshop.pdf

photo_2016-03-30_11-10-07
Duet Dengan Yeri

photo_2016-03-30_11-10-00

Semoga pelatihan atau workshop kali ini bisa bermanfaat bagi guru-guru RPL demi kemajuan teknologi informasi di Indonesia. Bagi yang ingin mengundang PHP Indonesia Jogloraya untuk mengisi workhsop atau pelatihan, bisa menghubungi kami melalui saya via email mail@agasigp.web.id atau Cahyo Sasongko (cahyo.ssk@gmail.com) selaku pembina PHP Indonesia dan PHP Jogloraya. 

Selfie dengan salah satu peserta
Selfie dengan salah satu peserta
Foto bersama para peserta pelatihan
Foto bersama para peserta pelatihan

PHP Indonesia : Bersama Berkarya Berjaya!