Autentifikasi di aplikasi web adalah salah satu aspek penting. Dengan autentifikasi,aplikasi web kita hanya bisa diakses oleh yang berhak saja. Selama ini untuk kebutuhan autentifikasi di aplikasi web yang saya buat,saya membuatnya secara manual dari awal. Autentifikasi yang saya buat sangat sederhana,penggunaanya juga agak rumit. Kebetulan saya membuatnya di framework Codeigniter,salah satu framework PHP favorit saya.

Nah,kemarin iseng-iseng tanya ke Google tentang pustaka autentifikasi untuk codeigniter,akhirnya ketemu dengan pustaka Ion Auth. Sebetulnya sih banyak pustaka untuk autentifikasi di Codeigniter,cuma saya memutuskan untuk memakai Ion Auth. Pertimbangannya,dari berbagai referensi,yang gampang penggunaannya dan pengembangan serta dukungannya masih aktif cuma ion auth.

Fitur-fitur yang disediakan ion auth pun sudah mencukupi untuk kebutuhan autentifikasi. Selain itu,dokumentasinya juga cukup jelas,mulai dari instalasi,hingga cara penggunaannya. Konfigurasinya pun juga fleksibel,dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Saya saja dalam sehari lansgung bisa menggunakan pustaka tersebut karena saking mudahnya.

Jadi,masih pusing dengan yang namanya autentifikasi di Codeigniter? Jika masih,silahkan dicoba pustaka Ion Auth,dijamin pusing anda akan hilang seketika 😀 Selamat coding!